Perut lapar sebelum tidur, makan atau puasa sampai pagi?

Di malam hari ketika ingin tidur, rasa lapar sering datang menyerang. Banyak yang menyerah dan akhirnya memenuhi panggilan perutnya.

Ilustrasi: Pixabay

Di malam hari ketika ingin tidur, rasa lapar sering datang menyerang. Banyak yang menyerah dan akhirnya memenuhi panggilan perutnya, kemudian berakhir dengan rasa bersalah. Bagi yang sedang ingin mengurangi berat badan, atau timbunan lemak di perut, menghindari makan malam, adalah perjuangan yang panjang. Namun, sebenarnya apakah makan malam seburuk yang dikatakan orang-orang di luar sana.  Insider mengulasnya panjang lebar. Anda yang merasa sedang berkutat dengan 'persoalan makan' malam sebaiknya meluangkan waktu untuk membacanya. 

Apakah makan malam itu buruk?

"Efek makan malam hari dapat berbeda berdasarkan karakteristik pribadi dan jenis serta jumlah makanan yang dikonsumsi," kata Dr. Sarah Musleh, ahli endokrin di Anzara Health - jadi, sulit untuk memberikan jawaban sederhana, seperti "Enak". atau "Itu buruk."

Menurut Musleh, beberapa penelitian menghubungkan makan malam dengan efek kesehatan yang berpotensi negatif, seperti:

Fluktuasi hormon: Musleh menjelaskan bahwa orang yang makan larut malam dapat memiliki kadar grhrelin, "hormon lapar" yang lebih tinggi, dan kadar leptin yang lebih rendah, hormon yang membuat Anda merasa kenyang. Ini berarti makan di malam hari bisa membuat Anda lebih lapar keesokan harinya.