Sedapnya Tekwan, sup ikan khas Palembang

Tekwan tidak kalah nikmatnya dengan Pempek, apalagi ketika disajikan hangat-hangat.

Tekwan, hidangan khas Palembang yang menggunggah selera. (Annisa Saumi / Alinea)

Tekwan memang tak begitu terkenal dibandingkan Pempek yang sama-sama khas Palembang. Walau begitu, Tekwan tidak kalah nikmatnya dengan Pempek, apalagi ketika disajikan hangat-hangat.

Tekwan dan Pempek sama-sama berbahan dasar campuran daging ikan dan tapioka. Berbeda dengan Pempek yang dibuat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, Tekwan dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil.

Daging ikan yang digunakan saat membuat Tekwan bisa bermacam-macam. Salah satu jenis ikan yang popular untuk membuat Tekwan adalah ikan Tengiri. Tekwan biasanya dilengkapi dengan sohun, irisan bengkoang dan jamur, taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng, lalu diguyur kuah udang yang gurih.

Walaupun berbahan dasar ikan, Tekwan tidaklah berbau amis. Tekstur dari Tekwan sendiri sedikit kenyal dan lembut ketika digigit. Kuahnya yang bening memiliki citarasa yang khas dari kaldu udang. Jika doyan pedas, Anda bisa menambahkan sambal untuk menambah kenikmatan Tekwan.  

Di Palembang, Tekwan adalah makanan rakyat dan menjadi menu wajib di hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Cukup mudah menemukan pedagang Tekwan di Palembang.