Segudang manfaat lari, menguatkan otot hingga jantung

Olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari memiliki manfaat penting bagi tubuh.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Menginjak usia 40 tahun ke atas bukan berarti harus mengurangi aktivitas fisik. Olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari memiliki manfaat penting bagi tubuh.

"Meskipun usia tidak lagi muda, jangan sampai aktivitas fisik kita berkurang. Justru aktivitas fisik harus tetap ter-maintain agar fungsi organ tubuh dan jaringan bisa berfungsi dengan baik," ujar Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Antonius Andi Kurniawan, dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Sabtu (3/6). 

Menurutnya, banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan dengan teratur seperti kombinasi gabungan gerakan fleksibilitas, kardio atau jantung, serta kekuatan otot dan keseimbangan. Nah, lari bisa menjadi salah satu alternatif olahraga agar tubuh tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia. 

Dia menyebut lari memiliki dampak positif bagi kekuatan otot, tulang, dan jantung. Ketiga organ tubuh tersebut paling sering mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

"Lakukan rutin aktivitas fisik serta nutrisi tepat untuk jaga kekuatan sinergi antara otot, tulang, serta kesehatan jantung," tuturnya.