Sosok Avengers di mata Glenn Fredly 

Ada tiga tokoh bangsa yang meninggalkan kesan mendalam bagi Glenn Fredly.

Penyanyi Glenn Fredly seusai peluncuran dan diskusi buku Untuk Republik: Kisah-kisah Teladan Kesederhanaan Tokoh Bangsa (2019), di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/8). Alinea.id/Robertus Rony Setiawan

Musikus Glenn Fredly menyambut hangat terbitnya buku karangan Faisal Basri dan Haris Munandar yang berjudul 'Untuk Republik: Kisah-kisah Teladan Kesederhanaan Tokoh Bangsa'. Buku ini merangkum kisah 23 tokoh pahlawan dari sisi yang jarang diungkap, termasuk teladan kesederhanaan.

“Kesederhanaan itu bukan hanya luaran saja atau simbol, melainkan punya impact. Tak usah diucapkan, tapi dampaknya bisa dirasakan,” kata Glenn dalam diskusi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Beberapa tokoh dalam buku yang menimbulkan kesan mendalam bagi Glenn ialah komponis Wage Rudolf Soepratman, Dr Johannes Leimena, dan Johannes Latuharhary. Menurutnya, nilai kesederhanaan para tokoh ini tak lekang dimakan zaman. 

Karena itu, lanjut Glenn, pola pikir dan tindakan mereka semasa hidup perlu dicontoh oleh bangsa Indonesia saat ini, khususnya generasi muda. "Mereka ini contoh bahwa Indonesia punya Avengers yang keren-keren pada zamannya. Mereka mengedepankan nilai-nilai keteladanan yang positif," kata Glenn.

Dia mencontohkan inspirasi lagu Indonesia Raya gubahan WR. Soepratman. Menurut dia, lagu yang diperdengarkan pertama kali pada Kongres Pemuda Oktober 1928 itu menginspirasi semangat cinta Tanah Air sebagai satu bangsa. "Lagu yang diciptakannya itu punya dorongan dan pesan profetik yang jauh sampai sekarang," imbuhnya.