Status istimewa 19 kucing liar di istana kepresidenan Meksiko

Terletak di jantung Kota Meksiko, istana kepresidenan telah lama menjadi pusat kekuasaan eksekutif Meksiko.

Foto: ABC

Mereka berkeliaran di taman istana sambil mengintai merpati dan menjadi cameo dalam konferensi pers yang disiarkan televisi. Beberapa dari mereka menyambut turis di depan pintu, sementara yang lain menjilat es krim dari staf.

Sembilan belas kucing liar bebas berkeliaran di Istana Nasional Meksiko. Kini mahluk berbulu yang biasa berkeliaran di taman dan aula kolonial bersejarah di bangunan paling ikonik di Meksiko itu resmi menjadi aset istana sehingga dipelihara secara serius.

“Mereka punya akses ke setiap bagian istana, jadi mereka datang ke pertemuan, wawancara, dan berjalan-jalan di depan kamera,” kata Jesús Arias, dokter hewan istana, saat beberapa kucing menyentuh pergelangan kakinya.

Kini, kucing istana telah membuat sejarah setelah pemerintahan Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mendeklarasikan mereka sebagai “aset tetap yang hidup”, dan menjadi hewan pertama di Meksiko yang menerima gelar tersebut.

Istilah investasi “aset tetap” biasanya berlaku untuk bangunan dan furnitur, namun dengan menerapkannya pada kucing, pemerintah López Obrador telah mewajibkan Departemen Keuangan negara untuk memberi mereka makanan dan perawatan selama sisa hidup mereka, bahkan setelah pemimpinnya meninggalkan jabatannya pada bulan Oktober.