Studi, kafein dapat membantu penyerbukan lebah lebih efektif

Lebah dipelihara untuk membantu penyerbukan lebih efektif. Petani bisa mengandalkan kafein agar lebah-lebah itu lebih berguna.

Ilustrasi. foto Myriams-Fotos /Pixabay

Secangkir kopi pagi membantu orang untuk lebih semangat beraktivitas. Untuk tujuan produktifitas, kafein pun akhirnya digunakan untuk membuat lebah efektif melakukan penyerbukan.

Dampak krisis iklim, hilangnya habitat, dan penggunaan pestisida telah menekan populasi penyerbuk liar, termasuk lebah, ngengat, tawon, kupu-kupu, kumbang, dan burung. Akibatnya, beberapa petani buah terpaksa mengandalkan “penyerbuk terkelola” seperti koloni lebah komersial untuk menyerbuki tanaman mereka.

Tetapi hewan pembantu yang berguna ini tidak seefisien yang diinginkan petani – beberapa tidak meninggalkan sarang, sementara yang lain mudah terganggu oleh flora lain di sekitarnya – yang berarti tanaman tidak dirawat sepenuhnya.

Para peneliti pun merancang studi untuk mengevaluasi apakah lebah dapat diarahkan untuk menargetkan bau tertentu.

Untuk melakukan ini, para peneliti membuat campuran khusus dari kafein, gula, dan bau “bunga target” tertentu (aroma bunga stroberi) yang mereka inginkan untuk ditemukan oleh lebah mereka, dan mengembuskannya melalui sarang.