Sulap sampah jadi robot, kini jadi penolong bagi warga yang sedang isoman

Rakitan elektrik barang-barang rumah tangga seperti panci, wajan, dan monitor televisi tua ini telah dinamai robot Delta.

Sebuah robot ciptaan dan rancangan penduduk desa dan ilmuwan Indonesia telah menemukan kegunaan baru selama pandemi. Foto Reuters

Sebuah robot ciptaan dan rancangan penduduk desa dan ilmuwan Indonesia telah menemukan kegunaan baru selama pandemi, yaitu membawa makanan dan harapannya, senyuman kepada penduduk yang tengah mengisolasi diri secara mandiri karena sedang terinfeksi Covid-19.

Dikutip dari Reuters, rakitan elektrik barang-barang rumah tangga seperti panci, wajan, dan monitor televisi tua ini telah dinamai robot Delta sebagai anggukan terhadap Covid-19 yang sangat menular.

“Dengan varian baru delta ini dan melonjaknya kasus Covid-19, saya memutuskan untuk menjadikan robot ini sebagai robot yang digunakan untuk pelayanan publik, seperti penyemprotan disinfektan, pengantaran makanan, dan memenuhi kebutuhan warga yang sedang melakukan isolasi secara mandiri,” kata Ketua RT Desa Tembok Gede, Surabaya, Jawa Timur, Aseyanto.

Kepala robot terbuat dari penanak nasi, dan dioperasikan dengan remote control berdaya tahan sekitar 12 jam. Ini adalah salah satu dari beberapa robot yang dibuat di Desa Tembok Gede, yang telah memenangkan reputasi untuk penggunaan teknologi secara kreatif.

Setelah berjalan menyusuri jalan menuju seorang warga yang sedang isolasi mandiri, akan ada pengeras suara yang mengeluarkan pesan “Assalamu’alaikum” (damai beserta Anda), diikuti dengan “Paket tiba, Semoga cepat sembuh.”