Tips menjaga kesehatan di musim penghujan

Jaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit saat musim penghujan.

Ilustrasi hujan lebat. Freepik

Menjaga kesehatan di musim hujan harus diperhatikan semua orang. Caranya pun tidak sulit, namun karena segudang aktivitas, tak jarang hal itu terabaikan. Padahal, banyak penyakit yang berpotensi terindikasi di musim penghujan, salah satunya adalah demam dengue. 
Nyamuk Aedes aegypti sebagai perantara penyebaran virus bertelur pada tampungan air bersih. Virus tersebut berkembang di dalam tubuh nyamuk selama 8-12 hari dan menularkan kepada manusia lewat gigitan.

Bukan cuma demam berdarah, musim hujan juga menyebabkan penyebaran virus influenza dan rhinovirus yang mengakibatkan seseorang pilek. Virus ini dapat secara mudah tersebar pada lingkungan tertutup, lantaran musim hujan membuat manusia tidak banyak beraktivitas di luar. 
Demi menghindari penyakit-penyakit tersebut, setiap orang harus menjaga kesehatannya di musim penghujan. Situs Hellosehat pun memberikan beragam tips.

Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Di musim penghujan pun sebenarnya tak perlu khawatir, karena olahraga bisa dilakukan dari dalam rumah. Yoga, pilates, peregangan ringan, atau mengayuh sepeda statis bisa jadi solusi. 

Sebuah studi mengungkapkan, olahraga selama 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi responx antiperadangan.