sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tips menjaga kesehatan di musim penghujan

Jaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit saat musim penghujan.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 08 Des 2021 15:54 WIB
Tips menjaga kesehatan di musim penghujan

Menjaga kesehatan di musim hujan harus diperhatikan semua orang. Caranya pun tidak sulit, namun karena segudang aktivitas, tak jarang hal itu terabaikan. Padahal, banyak penyakit yang berpotensi terindikasi di musim penghujan, salah satunya adalah demam dengue. 
Nyamuk Aedes aegypti sebagai perantara penyebaran virus bertelur pada tampungan air bersih. Virus tersebut berkembang di dalam tubuh nyamuk selama 8-12 hari dan menularkan kepada manusia lewat gigitan.

Bukan cuma demam berdarah, musim hujan juga menyebabkan penyebaran virus influenza dan rhinovirus yang mengakibatkan seseorang pilek. Virus ini dapat secara mudah tersebar pada lingkungan tertutup, lantaran musim hujan membuat manusia tidak banyak beraktivitas di luar. 
Demi menghindari penyakit-penyakit tersebut, setiap orang harus menjaga kesehatannya di musim penghujan. Situs Hellosehat pun memberikan beragam tips.

Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Di musim penghujan pun sebenarnya tak perlu khawatir, karena olahraga bisa dilakukan dari dalam rumah. Yoga, pilates, peregangan ringan, atau mengayuh sepeda statis bisa jadi solusi. 

Sebuah studi mengungkapkan, olahraga selama 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi responx antiperadangan.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan yang kaya akan mikronutrien juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan di musim hujan dan banjir. 

Mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E baik bagi tubuh manusia. Apabila kekurangan mengonsumsinya, maka seseorang bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan infeksi penyakit.

Sponsored

Sertakan beragam jenis sayur dan buah pada makanan, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik. 

Untuk menghindari penyakit, kontrol makanan sangat penting. Untuk itu, hindarilah jajan sembarangan.

Tidur yang Cukup

Tidur adalah solusi mudah untuk menjaga keseimbangan pola hidup yang akan berpengaruh pada kesehatan. Tidur juga berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh, termasuk sistem kekebalan setelah bekerja seharian. Tidurlah setidaknya delapan jam per hari untuk menjaga kesehatan.

Gunakan Pakaian Hangat

Gunakan pakaian hangat, baik ketika berada di dalam maupun di luar rumah. Khusus ketika ingin pergi ke luar, pakailah baju lengan panjang dan jaket untuk melindungi tubuh dari angin yang cukup kencang. Jika tidak, kamu bisa berpotensi terserang flu.

Berita Lainnya