Turis dari China paling banyak kunjungi Indonesia

Turis asal China masih mendominasi tingkat kunjungan pelancong mancanegara ke Indonesia hingga Juli 2018.

Sejumlah turis mancanegara melakukan pelepasan tukik di pantai Baba'toa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Senin (6/8). Kegiatan tersebut sebagai upaya menumbuhkan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian penyu di laut provinsi Sulawesi Barat dan merupakan rangkaian kegiatan Polewali Mandar Internasional Folk Art Festival (PIFAF). / Antara Foto

Turis asal China masih mendominasi tingkat kunjungan pelancong mancanegara ke Indonesia hingga Juli 2018.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sebanyak 1,54 juta pada Juli 2018. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 16,57% jika dibandingkan kunjungan wisman pada Juni 2018.

Jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia secara tahunan (year-on-year/yoy) juga mengalami peningkatan 12,1% dibandingkan dengan Juli 2017 sebanyak 1,37 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, salah satu faktor bertambahnya kunjungan wisman didorong adanya summer holiday di benua Eropa. Kunjungan dari Eropa pada Juli 2018 sebanyak 248.500, meningkat dari bulan Juni yang sebanyak 147.800 orang. 

"Mengikuti tren-tren sebelumnya, selalu terjadi kenaikan jumlah wisman. Seperti diketahui penduduk di belahan Eropa itu ada summer holiday dan meningkatkan jumlah wisman ke Indonesia," kata dia, Senin (3/9).