Menkes dorong vaksinasi booster untuk kurangi risiko kematian akibat Covid-19

Vaksinasi perlu dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri, dan mengurangi tingkat keparahan apabila terkonfirmasi positif Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dokumentasi Kemenkes

Percepatan capaian vaksinasi Covid-19 terutama bagi kelompok rentan terus dilakukan oleh pemerintah. Hal ini merupakan langkah untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, kelompok lanjut usia memiliki faktor risiko jauh lebih tinggi dibandingkan anak-anak. 

"Vaksin ini sangat penting untuk melindungi kita terutama yang usia lanjut," kata Budi dalam keterangan resmi, Rabu (9/11).

Vaksinasi perlu dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri, dan mengurangi tingkat keparahan apabila terkonfirmasi positif Covid-19. Sebab, pasien Covid-19 dengan kondisi berat hingga kritis di rumah sakit dan pasien yang meninggal, mayoritas tidak divaksin atau belum melengkapi dosis vaksinasi, terutama vaksin booster.

Berdasarkan data Kemenkes, terdapat 27.081 pasien konfirmasi positif Covid-19 mendapatkan perawatan di rumah sakit pada periode 4 Oktober hingga 8 November 2022.