Vandalisme seni di balik kemban patung putri duyung Ancol

Kerap kali terjadi vandalisme terhadap patung di ruang publik. Baik diubah warnanya, bentuknya, bahkan dirobohkan.

Dua patung putri duyung di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, menjadi perbincangan warga usai dipakaikan kemban oleh pengelola. Alinea.id.

Patung putri duyung yang ada di depan dan pintu keluar Putri Duyung Resort, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara sempat menjadi perbincangan di media sosial. Sebab, bagian dada patung itu ditutupi kain berwarna emas.

Banyak warganet mencibir kebijakan pengelola Taman Impian Jaya Ancol yang membuat tampilan patung terasa janggal.

Dari pantauan reporter Alinea.id, salah satu patung, yang sebelumnya ada di pintu keluar Putri Duyung Resort pada Selasa (26/3) dipindahkan pengelola. Alasannya, banyak respons warga terhadap pemberitaan patung putri duyung memakai kemban tersebut.

Patung yang berposisi duduk menyamping, dengan tinggi sekitar satu meter dan panjang 1,5 meter dipindah ke area parkir Putri Duyung Resort, kompleks gedung resepsi Candi Bentar. Tak jauh dari patung ini, berdiri patung putri duyung yang lebih besar setinggi sekitar delapan meter di atas kolam kecil, yang sama-sama memakai kemban emas.

Beberapa pengunjung Taman Impian Jaya Ancol punya beragam komentar terkait patung tersebut. Salah seorang pengunjung, Bayu, mengatakan “ketelanjangan” patung itu tak perlu dipermasalahkan.