Via Vallen dan peliknya membongkar pelecehan seksual

Dukungan publik pada Via Vallen bisa menjadi pembuka jalan bagi pengungkapan kasus pelecehan seksual, yang selama ini dianggap tabu.

Penyanyi dangdut Via Vallen, yang mengaku jadi korban pelecehan seksual di akun media sosialnya./ Instagram

Keberanian penyanyi dangdut Via Vallen dalam mengungkap pelecehan seksual yang menimpa dirinya menuai beragam reaksi dari warganet. Banyak warganet yang memuji keberanian Via Vallen, tetapi, tak sedikit juga yang mencibir keberaniannya melawan pelecehan seksual.

Via mendapatkan direct message di Instagram dari pemain sepak bola yang berbunyi "I want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes." Sebagian warganet menganggap pesan yang didapatkan Via biasa saja dan tak perlu diributkan. Apalagi melihat status Via sebagai penyanyi dangdut koplo yang kerap diidentikkan masyarakat dengan aura seksi dan menggoda.

Tentu, Via bukanlah perempuan satu-satunya yang mengalami kekerasan seksual. Dari data yang dirilis Komnas Perempuan misalnya mencatat ada 348.446 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dan ditangani selama 2017. Sementara kekerasan terhadap perempuan di ranah privat, seperti yang dialami Via Vallen, menempati posisi kasus yang paling banyak diadukan yaitu sebanyak 932 kasus (80%) dari total 1.158 kasus yang masuk.

Insta story Via Vallen./ Instagram