Warga di 5 'zona biru' berumur lebih panjang, intip kebiasaan mereka

Buettner dan timnya menyebut daerah ini sebagai "zona biru" karena mereka telah menandai daerah ini dengan warna biru di peta.

Ilustrasi. Foto Pixabay

Orang selalu bertanya-tanya tentang rahasia hidup panjang dan sehat. Mereka terus mencari formula untuk menemukan kenikmatan hidup, rasa ingin tahu, kemajuan ilmu pengetahuan, atau alasan lainnya. Dan Buettner, anggota National Geographic dan kolumnis New York Times, yang melakukan pencarian sendiri, tidak menemukan rahasia umur panjang kehidupan, tetapi mencatat ada lima wilayah yang disebut "zona biru" tempat orang-orang di dunia tinggal terpanjang dan paling sehat.

Nyatanya, dengan menjelajahi tempat-tempat ini dan mempelajari dengan cermat kondisi kehidupan masyarakat di sini, mungkin kita bisa mengetahui rahasia umur panjang dan sehat mereka.

Sejumlah belahan dunia disebut "zona biru" karena  mereka memiliki ciri umum yang esensial. Harapan hidup di wilayah ini jauh lebih tinggi daripada rata-rata dunia.

Sebagai catatan tambahan, Buettner dan timnya menyebut daerah ini sebagai "zona biru" karena mereka telah menandai daerah ini dengan warna biru di peta saat melakukan penelitian.

Berikut tempat-tempat yang dijuluki zona biru itu: