WHO: Tidak ada alasan ibu hamil dan menyusui tidak boleh divaksin!

Ibu hamil dan menyusui kini didorong untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Dinilai tidak ada efek yang mengkhawatirkan.

ilustrasi. ist

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak ada "alasan" bahwa seseorang yang sedang hamil atau menyusui tidak boleh divaksinasi. Ini merupakan sikap terbaru Organisasi Kesehatan Dunia itu untuk membuat lebih banyak orang disuntik vaksin.

"Kami merekomendasikan bahwa jika Anda seorang wanita hamil, tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat divaksinasi dengan vaksin yang telah terdaftar darurat," kata Kate O'Brien, direktur imunisasi WHO.

"Dan tidak ada alasan mengapa wanita menyusui tidak dapat divaksinasi. Tidak ada yang akan terjadi pada bayi atau kesehatan Anda sendiri," tambahnya.

Kehamilan memberi banyak tekanan pada tubuh, dan WHO bukan satu-satunya organisasi yang mendorong populasi yang rentan ini untuk divaksinasi. Bidan top Inggris mendesak orang-orang pada 30 Juli untuk mendapatkan suntikan setelah data menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun yang hamil dan divaksinasi lengkap telah dirawat di rumah sakit karena COVID-19 di Inggris.

Dan hanya tiga wanita yang dirawat karena gejala COVID-19 setelah hanya satu suntikan. Namun, menurut Sistem Pengawasan Obstetri Inggris, jumlah wanita hamil yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 meningkat.