Yuk atur penggunaan THR kamu!

Umumnya THR dibayarkan oleh perusahaan seminggu sebelum hari raya.

Pengelolaan THR di masa pandemi harus mengutamakan tabungan. Alinea.id/Oky DIaz.

Bulan puasa sudah hampir menjelang dan orang-orang berbondong-bondong untuk buat kebaikan di hari yang penuh rahmat tersebut.

Selain beribadah, ada hal lain yang dinantikan sebagian masyarakat, yaitu THR atau Tunjangan Hari Raya. Umumnya THR dibayarkan oleh perusahaan seminggu sebelum hari raya. Nah, kadang kita takut jika pemakaian THR tersebut membuat diri menjadi lebih boros.

Untuk itu, penggunaannya harus diatur sebaik-baiknya. Berikut cara pemanfaatan THR yang bisa kamu lakukan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Sisihkan untuk tabungan
Persoalan umum ketika hendak menabung ialah soal uang. Mumpung ada uang THR sebagai penghasilan tambahan, kalian bisa sisihkan beberapa persen untuk masuk ke dalam celengan tabungan. Ingat, jangan dipakai jika kamu belum dalam keadaan urgent, nanti jadi gagal loh nabungnya!

2. Gunakan untuk membayar hutang atau dana darurat
Perlu kita ketahui, sebisa mungkin memiliki uang dana darurat untuk keperluan mendadak yang biayanya pun tidak bisa diprediksi. Kalian bisa simpan sekitar 15% atau secukupnya dari THR yang kalian miliki. Penting juga dalam pembayaran hutang, harus segera dilunaskan atau bisa memberatkan keadaan finansialmu berlarut-larut!