Agar anak tak jenuh kala liburan

Liburan bisa menjadi momen untuk melepaskan anak dari rutinitas belajar.

Ilustrasi Alinea.id/MT. Fadillah.

Sebagaimana orang dewasa, anak-anak juga tak luput dari dampak pandemi. Minimnya interaksi langsung membuat anak-anak terutama yang berumur di bawah 7 tahun kesulitan bersosialisasi.

“Mereka baru bisa memahami dengan yang betul-betul bisa dilihat, dipegang, tetapi pandemi membuat anak-anak di rumah saja dan mempersulit kemampuan sosialisasi anak-anak,” kata Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani dalam Virtual Media Workshop Tokopedia: ‘Sambut Hari Keluarga Nasional, Tokopedia Bagikan Tren Jual-Beli Online Produk Kebutuhan Ibu dan Anak serta Rumah Tangga’, Rabu (28/6).

Anak di bawah usia tujuh tahun, tambahnya, tidak mungkin langsung bisa bergaul. Nina–demikian ia akrab disapa, menyebutkan setidaknya ada enam tahapan anak untuk belajar sosialisasi.

“Usia 6 tahun pertama, karena keterampilan sosialisasi bertahap jadi perlu distimulasi sejak dini, keluarga punya peran sangat besar untuk membuat anak terampil bersosialisasi,” sebut Nina.

Nina menambahkan, pada masa liburan anak-anak bisa dibebaskan dari rutinitas belajar. Menurutnya, orang tua tidak perlu mempersiapkan pembelajaran di masa liburan atau malah menyuruh anak belajar.