Donasi digital ala penjual

Donasi digital tidak hanya bisa dilakukan para konsumen marketplace tetapi juga seller.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Tidak hanya pengguna media sosial maupun konsumen marketplace yang diuntungkan dengan adanya donasi ala digital, pelaku usaha pun mempunyai ruang untuk menyalurkan donasinya. Misalnya, melalui program kampanye Ramadan Berlipat Nikmat besutan Tokopedia bagi para Mitra Tokopedia. Salah satu programnya adalah Belanja Otomatis Donasi.

Kemuliaan bulan Ramadan ini pun tentunya tak ingin dilewatkan oleh salah satu Mitra Tokopedia, Iswandi untuk meraup berkah pahala. Pemilik warung Mitra Tokopedia ini memanfaatkan warungnya untuk berbagi dengan cara yang cukup unik.

Ia kerap berbagi dengan anak-anak di sekitarnya namun dengan ‘imbalan’ hafalan Al-Qur'an. “Anak-anak di sekitar sini suka jajan di warung saya, terkadang ketika membayar uangnya kurang. Saya tidak mencatatnya sebagai utang. Sebagai gantinya, saya meminta mereka membaca hafalan surat-surat pendek Al-Qur'an,” sebutnya.

Terkadang, Iswandi juga melempar pertanyaan ringan terkait pengetahuan umum atau pelajaran sekolah kepada anak-anak tersebut. “Hitung-hitung sedekah dan juga menambah ilmu anak-anak sekitar,” timpal warga Tulungagung, Jawa Timur ini.

Iswandi sendiri sudah menggeluti usaha warung tradisional selama 20 tahun terakhir. Seiring berjalannya waktu, ia memutuskan untuk menyentuh penjualan secara online dengan bergabung dalam ekosistem Tokopedia.