UMKM perempuan berdayakan pengrajin dengan semangat digitalisasi

UMKM perempuan turut andil memberdayakan pengrajin di desa dengan memasarkan produk mereka lewat marketplace.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Tokopedia mencatat jumlah perempuan pelaku UMKM di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada 2021 dibandingkan 2020.

“Tokopedia juga melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal selama 2021. Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan. Namun bukan berarti kota lain tidak berkembang,” ujar Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena.

Adapun kategori fashion, kecantikan dan rumah tangga merupakan kategori-kategori yang populer di 2021. Hal ini tak lepas dari kolaborasi mitra-mitra strategis seperti Noesa dan Studio Dapur yang menggandeng UMKM-UMKM lain di desa.

Alinea.id mengulas peran pengusaha perempuan yang memberdayakan pengrajin di desa dengan semangat digitalisasi dalam artikel ini.