Awas kena 'tabok'

Jokowi sangat kecewa karena masih saja ada masyarakat yang percaya terhadap isu yang dihembuskan

Presiden Jokowi kembali mengeluarkan pernyataan yang menuai kontroversi. Kali ini presiden mengeluarkan pernyataan sebagai respons kekecewaannya terhadap pihak-pihak yang dianggap menyerang secara personal melalui isu PKI yang terus dituduhkan pada dirinya.

Jokowi sangat kecewa karena masih saja ada masyarakat percaya terhadap isu dihembuskan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Dengan emosional Jokowi mengungkapkan dirinya ingin mencari dan "menabok" pihak-pihak yang masih memainkan isu ini. Ungkapan ini jika dirunut ke belakang, jelas mempunyai korelasi dengan pernyataan emosional dan berapi-api terkait respons Jokowi menyikapi isu kebangkitan PKI. Saat itu, Jokowi mengeluarkan penyataan akan "gebuk" jika memang PKI itu ada, karena menurutnya, PKI itu jelas bertentangan dengan ideologi negara.

Namun sangat disayangkan, pernyataan yang terlalu reaktif direspons, justru memberi sentimen negatif pada Jokowi, bahkan secara tidak langsung melongsorkan citra Jokowi. Posisinya sebagai presiden sangat tidak layak/kurang tepat mengeluarkan diksi/frasa emosional semacam ini. 

Dikhawatirkan diterjemahkan secara keliru oleh perangkat negara yang berada di bawah kendali presiden untuk "menggebuk" dan "menabok" pihak-pihak yang menurut mereka sebagaimana dimaksud presiden.