Facebook disarankan jangan ganti nama, ganti saja CEO-nya

Sekarang, di tengah badai kritik ini, perusahaan dilaporkan telah membuat strategi hubungan masyarakat baru: mengubah namanya.

ilustrasi. foto Pixabay

Kara Alaimo, profesor di Sekolah Komunikasi Lawrence Herbert di Universitas Hofstra, menulis tentang wanita dan media sosial. Dia adalah juru bicara untuk urusan internasional di Departemen Keuangan Amerika Serikat selama pemerintahan Barack Obama. Akun Twitternya @karaalaimo. Pendapat yang diungkapkan dalam komentar ini adalah sepenuhnya milik penulis sebagai opini di CNN:

Ketika dunia mulai benar-benar berkutat dengan betapa berbahayanya platform media sosial, Facebook seperti mengonfirmasinya, menyusul tuduhan mengejutkan seorang mantan staf, Frances Haugen, bahwa perusahaan itu telah lama mengetahui tentang efek beracun platformnya pada masyarakat -- dan hanya berbuat sedikit untuk mencoba memperbaikinya.

Sekarang, di tengah badai kritik ini, perusahaan dilaporkan telah membuat strategi hubungan masyarakat baru: mengubah namanya. Menurut sebuah laporan oleh The Verge, Facebook akan segera mengumumkan nama baru yang mencerminkan fokus CEO Mark Zuckerberg untuk menjadi bagian dari masa depan yang disebut "metaverse" -- dunia online tempat avatar kita berinteraksi dengan cara yang sangat nyata.

Ada alasan mencolok mengapa perubahan nama Facebook adalah langkah cerdas dari perspektif citra, dan itu tidak ada hubungannya dengan fakta bahwa perusahaan mungkin ingin membuat merek payung tunggal untuk tiga platform utama yang dimilikinya -- Facebook, Instagram, dan WhatsApp -- atau ingin fokus pada metaverse. Itu karena publik telah kehilangan kepercayaan pada Facebook. Dan memang demikian. Untuk semua foto keluarga yang dibagikan atau video lucu yang dibuat oleh perusahaan, "Facebook" sekarang juga menjadi nama yang dikaitkan dalam beberapa tahun terakhir dengan informasi yang salah, pelanggaran privasi, penyebaran kebencian dan otokrasi.

Tapi nama baru tidak akan sampai ke akar masalah: reputasi hancur Facebook. Menggunakan nama yang berbeda tidak akan secara ajaib menciptakan merek di mana konsumen akan menempatkan kepercayaan gabut mereka.