Investigasi Harvard membongkar medsos sebagai tapal baru penipuan dan penyangkalan iklim

Para peneliti menggunakan metode ilmu sosial yang mapan untuk melacak aktivitas media sosial merek dan menganalisis gambar dan teks.

Investigasi Harvard membongkar medsos sebagai tapal baru penipuan dan penyangkalan iklim. Foto

Investigasi Universitas Harvard terbaru yang ditugaskan oleh Greenpeace Belanda, mengungkapkan penggunaan greenwashing (citra palsu ramah lingkungan) dan tokenisme yang merajalela oleh merek mobil terbesar, maskapai penerbangan, dan perusahaan minyak dan gas di Eropa untuk mengeksploitasi kekhawatiran masyarakat tentang lingkungan dan menyebarkan disinformasi secara daring.

Laporan, Three shades of green(washing), adalah penilaian paling menyeluruh dari greenwashing baru-baru ini oleh minat bahan bakar fosil di Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube.

Para peneliti menggunakan metode ilmu sosial yang mapan untuk melacak aktivitas media sosial merek dan menganalisis gambar dan teks di postingan perusahaan.

Pemimpin kampanye Greenpeace Amina Adebisi Odofin, berkata: “Laporan ini menunjukkan bahwa banyak dari perusahaan-perusahaan ini mencurahkan lebih banyak waktu tayang online untuk olahraga, tujuan baik, dan mode daripada untuk operasi berbahan bakar fosil bernilai miliaran dolar. Olahraga yang jelas dan cuci tangan ini meningkatkan penjualan produk perusak iklim, serta memicu konflik internasional dan pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia. Jika kita serius menangani krisis iklim, kita memerlukan larangan iklan fosil.”

Temuan mencakup bahwa hanya satu dari lima iklan mobil "hijau" yang menjual produk, sisanya berfungsi terutama untuk menampilkan merek sebagai hijau. Satu dari lima pos perusahaan minyak, mobil, dan maskapai penerbangan menggunakan bantalan olahraga, mode, dan sosial -- secara kolektif disebut 'penyesatan' -- untuk mengalihkan perhatian dari peran dan tanggung jawab bisnis inti perusahaan. Berbagai perusahaan memanfaatkan citra alam, presentasi wanita, orang non-biner yang menampilkan non-kaukasia, pemuda, pakar, olahragawan, dan selebritas untuk memperkuat pesan greenwashing dan penyesatan.