Kacau! Sosmed dibanjiri berita palsu tentang perang Israel-Hamas

Pada hari Senin, X menyatakan ada lebih dari 50 juta postingan di platform tersebut selama akhir pekan tentang konflik tersebut.

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Beberapa jam setelah Hamas menyerang Israel pada hari Sabtu, X, jejaring sosial milik orang terkaya di dunia Elon Musk dibanjiri dengan video, foto, dan informasi menyesatkan tentang konflik tersebut.

“Bayangkan jika hal ini terjadi di lingkungan kita, pada keluarga Anda,” tulis Ian Miles Cheong, komentator sayap kanan yang sering berinteraksi dengan Musk, bersama dengan video yang menurutnya menunjukkan pejuang Palestina membunuh warga Israel.

Catatan Komunitas, fitur X yang memungkinkan pengguna menambahkan konteks ke postingan, menyatakan bahwa orang-orang dalam klip tersebut adalah anggota penegak hukum Israel, bukan Hamas.

Namun videonya masih tayang dan telah mengumpulkan jutaan tayangan. Dan ratusan akun X lainnya telah membagikan klip tersebut di platform tersebut, beberapa di antaranya dengan tanda centang terverifikasi, menurut penelusuran Al Jazeera.

Disinformasi – berita palsu yang disebarkan dengan sengaja – tentang perang dan konflik Israel-Palestina secara umum juga tersebar di jejaring sosial lain seperti Facebook, Instagram, dan TikTok, namun berkat kebijakan baru Musk yang memungkinkan siapa pun membayar untuk diverifikasi dan seiring PHK besar-besaran di tim X's Trust and Safety, platform tersebut tampaknya semakin buruk sebagai tempat penyebaran disinformasi.