Monitoring media, kasus Wadas justru berdampak positif bagi Ganjar Pranowo

Dari sekian banyak berita terkait insiden di Desa Wadas, terdapat tiga nama tokoh yang sering disebut dalam pemberitaan dan media sosial.

Ganjar Pranowo.Foto Antara

Hasil monitoring media Center for Indonesian Reform (CIR) dan Datasight Indonesia mengungkapkan bahwa insiden di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah justru berdampak positif terhadap Gubernur Ganjar Pranowo. Ditengarai, mobilisasi buzzer dan relawan menyebabkan pemberitaan positif berdampak pada Ganjar.

"Nama Ganjar menyita perhatian media dan publik paling besar karena posisinya bukan hanya sebagai pejabat paling bertanggung-jawab yang mengeluarkan Izin Penetapan Lokasi (IPL), tetapi juga karena popularitasnya meroket sebagai bakal capres," kata Direktur CIR, Muhammad Hidayaturrahman dalam keterangannya kepada Alinea.id, Senin (14/2).

Dalam pantauan Center for Indonesian Reform (CIR) dan Datasight Indonesia, pada 7-13 Februari 2022, sedikitnya terdapat 8.338 artikel berita online dan percakapan media sosial yang membahas insiden tersebut.

Dari sekian banyak berita terkait insiden di Desa Wadas, terdapat tiga nama tokoh yang sering disebut dalam pemberitaan dan perbincangan netizen di dunia maya. Ketiganya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 7.069 artikel (84,47%), Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Ahmad Luthfi dengan 482 artikel (5,68%) dan Bupati Purworejo, Agus Bastian, dengan 307 artikel (3,68%).

Sementara sisanya (6,17 persen) merupakan berita dan percakapan insiden Wadas yang tidak menyebutkan secara spesifik nama-nama tokoh yang terkait.