Kepentingan politik pemilik media jangan masuk ke news room

Dewan Pers mengharapkan semua pekerja media untuk melapor ke Dewan Pers apabila mendapat tekanan dari pimpinan media

Diskusi publik di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/11)./Kudus Purnomo Wahidin

Beberapa pihak mengkhawatirkan independensi media dalam menyajikan berita ke masyarakat. Mengingat banyak perusahan media yang dipimpin oleh elite politik dan memiliki kepentingan politik.

Menyikapi gejala tersebut, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, mengatakan, gejala tersebut memang kerap muncul disaat hajatan politik, sebab terkadang memiliki kepentingan serupa dengan elite politik.

Yoseph mengakui tidak ada larangan bagi pimpinan media untuk berpolitik. Kendati begitu,  kepentingan politik tersebut ada baiknya tidak masuk ke dalam news room dimana berita kerap diproses.

"Tidak apa yang mempunyai media itu berpolitik. Tetapi news room harus tetap dijaga oleh orang yang independen pula," paparnya dalam diskusi publik di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/11).

Lebih jauh, Yosep menyarankan kepada semua pekerja media untuk melapor ke Dewan Pers apabila mendapat tekanan dari pimpinan media. Khususnya apabila dipaksa untuk memproduksi berita yang tendensius tanpa menimbang kode etik jurnalistik.