Mengapa jurnalisme mulai jadi viral di TikTok?

Press Gazette menemukan alasannya dan juga mengumpulkan kiat penerbit untuk sukses di TikTok untuk seri Platform Profile terbaru.

ilustrasi. foto Pixabay

Tiktok telah tumbuh menjadi kekuatan utama di media sosial -- tetapi jurnalisme dan publikasi, hingga tahun ini, sebagian besar gagal memberi dampak pada aplikasi ini.

Tetapi pada tahun 2022 sesuatu berubah di TikTok dan banyak media telah melihat akun mereka di aplikasi meledak dalam popularitas.

Press Gazette menemukan alasannya dan juga mengumpulkan kiat penerbit untuk sukses di TikTok untuk seri Platform Profile terbaru.

Apa itu Tiktok?

Tiktok, aplikasi media sosial, yang diluncurkan pada 2018 oleh perusahaan China Bytedance. Didefinisikan oleh campuran video pendek yang sering dimasukkan ke dalam beberapa bentuk lagu atau audio viral, popularitasnya melonjak sejak diluncurkan dan sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif harian (meskipun angka terbaru tidak dipublikasikan). Sebagai perbandingan, Facebook memiliki 1,9 miliar pengguna harian, sementara Twitter memiliki sekitar 229 juta.