Mengenal sosok Humas Facebook Andy Stone yang berani tampil nyinyir

Sejumlah praktisi humas profesional mempertanyakan keampuhan strategi baru Facebook menyerang pengkritiknya.

Andy Stone. foto Ist

Ketika pelapor Facebook, Frances Haugen, duduk di depan komite senator Amerika Serikat untuk menyampaikan klaimnya yang memberatkan bahwa raksasa media sosial itu rela "menempatkan keuntungan astronomis mereka di atas banyak orang," kebanyakan orang menganggapnya memang begitu.

Pengungkapan itu mengejutkan karena cara itu semua ditata dengan jelas, didukung oleh dokumen yang dibocorkan Haugen ke Wall Street Journal.

Tapi itu semua tidak cukup berpengaruh untuk Andy Stone.

Direktur komunikasi kebijakan yang blak-blakan untuk Facebook itu dengan cepat mendiskreditkan Haugen. Stone menekankan dalam sebuah twit bahwa Haugen tidak memiliki pengalaman mengerjakan masalah yang dia bicarakan di depan para politisi dan dunia.

Twit itu khas gaya komunikasi Stone: kurang ajar dan nyinyir. Dia tampaknya suka membawa pertarungan kepada wartawan dan pelapor yang berani mengkritik tindakan perusahaan. Sebagai mantan staf komunikasi politik, dia telah bergabung dengan Facebook sejak 2014, dan telah secara langsung membantah klaim dari wartawan — atas kemarahan mereka yang meningkat — setidaknya selama satu tahun.