Mengenang Aristides Katoppo dan sumbangsihnya bagi LBH

Aktivitas LBH selalu menyebar luas di masyarakat berkat pemberitaan media.

Pelayat mengusap foto almarhum Wartawan Senior Aristides Katoppo seusai prosesi upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta. Antara Foto

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta periode 1981-1984, Abdul Rahman Saleh, mengenang kembali kiprah wartawan senior Aristides Katoppo dan sumbangsihnya kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) semasa hidupnya.

Menurut dia, aktivitas LBH yang kerap kali bersinggungan dengan politik membuat pihaknya merasa perlu melakukan kerja sama dengan media massa. Dia menuturkan hal itu penting agar kerja-kerja LBH yang membantu masalah hukum untuk masyarakat bisa diketahui publik.

“Hal ini menjadi peran Tides. Jadi, berita-berita LBH selalu dimuat besar-besaran oleh Pak Tides cs, juga oleh Kompas,” kata Rahman dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (25/10).

Dengan pemberitaan tersebut, kata Rahman, aktivitas LBH selalu menyebar luas di masyarakat. Ihwal itu semakin kentara dampaknya karena Sinar Harapan dan Suara Pembaruan pada masanya memiliki pembaca yang tidak sedikit.

"Di situlah jasa besar Pak Tides. Melalui beliaulah aktivitas, berita-berita, pergolakan, apa pun mengenai aktivitas LBH masuk di Sinar Harapan dan kemudian Suara Pembaruan," ujar dia.