Pelatihan Mobile Journalism MC Nasional JAI agar fakta informasi tentang Ahmadiyah terpublikasikan

Tujuan pelatihan untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dan kompeten di bidang jurnalistik dan multimedia.

Pelatihan Mobile Journalism MC Nasional JAI agar fakta informasi tentang Ahmadiyah terpublikasikan.Foto: Tangkapan layar Youtube

Media Center (MC) Nasional Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) menggelar pelatihan Mobile Journalism di Baitul Afiyat, Parung, Bogor. Pelatihan media selama dua hari, 26-27 Maret 2022, itu melibatkan para anggota lintas-badan yang ada di Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI). Mereka berasal dari beberapa daerah yang ada di Jawa Barat seperti Bandung, Tasikmalaya, dan Kuningan, serta Provinsi Banten.

Peserta pelatihan berjumlah 48 orang mendapatkan materi dari pakar yang ahli di bidang jurnalistik dari media mainstream nasional CokroTV dan suaradotcom, Gunawan, sekaligus praktisi dan konsultan media. Materi yang diterima oleh peserta pelatihan berupa pembuatan narasi berita, teknik wawancara, dan videografi.

"Materi yang saya dapat dari pelatihan Media Center ini, yang pertama, itu adalah pengelolaan dalam Media Center. Kemudian, pembuatan narasi berita yang dibangun oleh narasumber, sehingga peserta disuruh membuat narasi berita tersebut," kata Fiqi Manshi Nurramdhan, peserta dari daerah Jabar 10.

Peserta lain mengungkapkan tindak lanjut yang akan dilakukan di daerahnya setelah mengikuti pelatihan. "Yang pertama, pastinya akan menggunakan ilmu yang didapat untuk membantu publikasi baik itu publikasi untuk Jemaat Nasional maupun jemaat di daerah.

"Kedua, sebisa mungkin ilmu yang didapat dari pelatihan ini akan saya sebarkan kepada anggota lain sehingga anggota yang tidak ikut pelatihan pun bisa mendapatkan sedikit pengetahuan tentang media jurnalistik," ujar Jihan Fauziah, peserta Jabar 7 dan redaktur Warta Ahmadiyah.