Pentingnya media sosial dalam jurnalisme

Jurnalis tidak hanya mendapat manfaat dari paparan yang dibawa oleh lingkungan digital, tetapi juga informasi dalam jumlah tak terbatas.

Ilustrasi. foto Unsplash

Media sosial (medsos) dan jurnalisme berjalan beriringan dan, terlepas dari apa yang akan dikatakan oleh banyak puritan, peningkatan digitalisasi masyarakat terus meningkatkan sektor ini. Faktanya, ada yang akan mengatakan bahwa medsos mengubah bidang jurnalistik selamanya.

Pada nilai nominal, jurnalis tidak hanya mendapat manfaat dari paparan yang dibawa oleh lingkungan digital, tetapi juga memiliki informasi dalam jumlah tak terbatas yang tersedia di ujung jari mereka.

Selain itu, ada jutaan percakapan yang terjadi di banyak platform, yang berarti bahwa mereka yang bekerja di bidang ini harus online untuk tetap terhubung.

Di sisi yang tidak terlalu cerah, Internet dan medsos tercemar dengan banyak berita palsu dan informasi yang salah. Karena segala sesuatu yang tumpah ke dalam kekosongan digital tidak dapat diperiksa faktanya, mungkin sulit untuk memisahkan fakta dari kepalsuan. Namun, terlepas dari hambatan ini, medsos telah melakukan banyak hal baik untuk bidang jurnalistik.

Di sini, Taylor Goodman, spesialis konten berpengalaman, melihat bagaimana media sosial membentuk kembali jurnalisme.