Pergeseran hubungan China dengan media Barat mengungkapkan tentang ambisinya di Taiwan dan Laut China Selatan

Peristiwa kedua yang tidak akan terjadi setahun yang lalu adalah penampilan luar biasa dubes China untuk Australia pada program 7.30 ABC.

Duta Besar China untuk Australia Xiao Qian. Foto ABC

Sebuah negara yang selama bertahun-tahun telah menghindari keterlibatan dengan media Barat berubah dari hari ke hari, kepercayaan publik yang baru ditemukan dipamerkan untuk dilihat semua orang.

Ada dua contoh selama sepekan terakhir yang secara gamblang menggambarkan kepercayaan diri baru ini.

Contoh pertama adalah dari Timor-Leste, atau Timor Timur, negara termiskin di Asia, tempat John Lyons, editor desk global ABC, berkunjung untuk tugas program 7.30 ABC.

(Catatan: ABC [Australian Broadcasting Corporation] adalah lembaga penyiaran nasional Australia yang didanai oleh hibah langsung dari Pemerintah Australia dan dikelola oleh dewan yang ditunjuk pemerintah.)

Di jalan utama melalui ibu kota, Dili, yang membentang di sepanjang tepi laut negara kecil itu, tim ABC melihat di kejauhan seorang pria jangkung sedang menendang bola. Dia dikelilingi oleh banyak anak-anak dan orang dewasa dengan pakaian sepak bola, siap bermain di lapangan baru yang berkilau ini.