Ridwan Kamil lantik pengurus PWI Jabar

Kang Emil berencana membangun perumahan bagi wartawan anggota PWI Jabar.

Prosesi pelantikan Hilman Hidayat sebagai Ketua PWI Jabar 2021-2026 oleh Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, pada Selasa (26/10/2021). Tangkapan layar kanal YouTube Humas Jabar/alinea.id/Siti Nurjanah

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengukuhkan sekaligus melantik pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar periode 2021/2026 pada Selasa (26/10). Diharapkan ada kerja sama antara pemerintah provinsi (pemprov) dengan organisasi jurnalis itu, terutama tentang penyebaran informasi, sehingga mewujudkan visi-misi yang dicanangkannya.

"Selamat kepada yang dilantik lima tahun ke depan. Kita buktikan Jabar Juara, ya, dalam kondusivitas dan sebagainya," ujarnya saat memberikan sambutan, beberapa saat lalu.

"Saya titip di zaman Kang Hilman yang baru ini, tidak hanya bad news is good new, tapi good news is inspiring news. Itu harus jadi prinsip. Negara ini 'butuh bensin' untuk mau bergerak melampaui tantangan,” sambungnya.

Kang Emil, sapaannya, menambahkan, "Bumi Pasundan" merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia karena mencapai 50 juta jiwa. Itu berdampak terhadap konsumsi informasi, termasuk penyebaran berita bohong. Pemprov membentuk Jabar Quick Response untuk menanggulanginya.

"Saya mendirikan namanya Jabar Quick Response. Jabar Quick Response ini unit kerja kami yang menolong kemanusiaan," ucap bekas Wali Kota Bandung itu.