sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ridwan Kamil lantik pengurus PWI Jabar

Kang Emil berencana membangun perumahan bagi wartawan anggota PWI Jabar.

 Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Selasa, 26 Okt 2021 19:56 WIB
Ridwan Kamil lantik pengurus PWI Jabar

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengukuhkan sekaligus melantik pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar periode 2021/2026 pada Selasa (26/10). Diharapkan ada kerja sama antara pemerintah provinsi (pemprov) dengan organisasi jurnalis itu, terutama tentang penyebaran informasi, sehingga mewujudkan visi-misi yang dicanangkannya.

"Selamat kepada yang dilantik lima tahun ke depan. Kita buktikan Jabar Juara, ya, dalam kondusivitas dan sebagainya," ujarnya saat memberikan sambutan, beberapa saat lalu.

"Saya titip di zaman Kang Hilman yang baru ini, tidak hanya bad news is good new, tapi good news is inspiring news. Itu harus jadi prinsip. Negara ini 'butuh bensin' untuk mau bergerak melampaui tantangan,” sambungnya.

Kang Emil, sapaannya, menambahkan, "Bumi Pasundan" merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia karena mencapai 50 juta jiwa. Itu berdampak terhadap konsumsi informasi, termasuk penyebaran berita bohong. Pemprov membentuk Jabar Quick Response untuk menanggulanginya.

"Saya mendirikan namanya Jabar Quick Response. Jabar Quick Response ini unit kerja kami yang menolong kemanusiaan," ucap bekas Wali Kota Bandung itu.

Dirinya melanjutkan, Jabar melompat dari peringkat 27 menjadi ke posisi 2 di bawah Kepulauan Riau dari 34 provinsi se-Indonesia tentang kemerdekaan pers. Ini merujuk hasil survei Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2021.

Diharapkan capaian tersebut dapat lebih baik ke depannya. "Mari kita kerja sama-sama. Tahun depan, Jawa Barat seperti (hasil) PON (Pekan Olahraga Nasional), harus ranking 1 Indeks Kebebasan Persnya," jelasnya.

Di sisi lain, Kang Emil menyatakan, siap membantu para wartawan agar kompetensinya terbentuk. Salah satu upaya yang bakal dilakukannya adalah memperjuangkan perumahan bagi jurnalis.

Sponsored

"Saya ingin bikin perumahan untuk wartawan PWI. Coba Pak Hilman daftarkan anggota yang masih ngontrak-ngontraklah kira-kira begitu, ya, karena saya sudah melakukan untuk kelompok guru, Pak," katanya.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) PWI Pusat Nomor 266-PGS/PP-PWI/2021, Ketua PWI Jabar 2021-2026 dijabat Hilmah Hidayat serta dibantu Sekretaris, Tantan Sulthon dan Bendahara, Atin Suprihatin. Sementara itu, Kang Emil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum masuk sebagai Penasihat PWI Jabar.

Berita Lainnya
×
tekid