RSF minta kandidat PM Hongaria jamin perlindungan jurnalisme

RSF mendesak kedua kandidat utama untuk menjadikan kebebasan pers dan hak atas informasi sebagai prioritas bagi pemerintahan mendatang.

RSF minta kandidat PM Hongaria jamin perlindungan jurnalisme. ilustrasi. Istimewa

Beberapa media Hongaria terus menyampaikan propaganda Rusia. Sementara itu, Reporters Without Borders (RSF) menyerukan kepada dua kandidat utama perdana menteri dalam pemilihan parlemen akhir pekan ini di Hongaria untuk meningkatkan akses ke berita dan informasi yang andal dan terverifikasi. Peter Marki-Zay, penantang utama Perdana Menteri Viktor Orbán, telah berjanji untuk menjadikan ini prioritas politik.

RSF mendesak kedua kandidat utama untuk menjadikan kebebasan pers dan hak atas informasi sebagai prioritas bagi pemerintahan mendatang. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak media milik swasta telah dikendalikan atau dibungkam melalui manuver politik dan ekonomi atau dengan pengambilalihan oleh oligarki yang bersekutu dengan pemerintah, sehingga Hongaria menjadi antitesis dari model kebebasan pers yang seharusnya di Eropa.

Beberapa media independen berpengaruh yang tersisa secara permanen tunduk pada pelecehan politik, ekonomi, dan peradilan, yang berkisar dari melarang stasiun radio yang kritis terhadap pemerintah hingga menggunakan spyware Pegasus terhadap beberapa jurnalis.

Perang informasi yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina semakin mendesak kebutuhan akan informasi yang independen dan dapat diandalkan, karena media milik negara Hongaria dan beberapa media milik swastanya, yang telah lama bertindak sebagai corong politik pemerintah, kini menyampaikan beberapa propaganda Kremlin.

Ketika Rusia melancarkan invasinya, kantor berita nasional Hongaria yang sangat berpengaruh MTI – yang beroperasi di bawah perintah langsung pemerintah, menurut penyelidikan jurnalistik baru-baru ini – lebih jauh menggunakan istilah “operasi militer” daripada “perang” dalam laporannya, yang banyak digunakan oleh media Hongaria karena bebas.