Terbuai gombalan "Elon Musk", wanita Korsel rugi Rp800 juta

“'Musk' bahkan mengatakan 'Aku cinta kamu, kamu tahu itu?' ketika kita melakukan panggilan video.”

Elon Musk. Foto: SCMP

Miliader dunia Elon Musk tega-teganya menipu seorang wanita Korea Selatan. Bos Tesla ini membuat wanita malang itu kehilangan US$50 ribu atau sekitar Rp808 juta.

Sebelum merasa tertipu, wanita itu memang sungguh-sungguh mengira ia telah berhubungan dengan Elon Musk. Namun, ternyata itu hanya penipu yang menyamar sebagai pengusaha super kaya itu.

“Pada 17 Juli tahun lalu, Musk menambahkan saya sebagai teman di Instagram. Meskipun saya adalah penggemar berat Musk setelah membaca biografinya, pada awalnya saya meragukannya,” wanita yang menolak menyebutkan nama aslinya, mengatakan kepada stasiun televisi Korea Selatan KBS dalam wawancara “In Depth 60 Minutes” yang ditayangkan pada 19 April, berdasarkan terjemahan dari The Korea Herald.

Wanita itu mengatakan dia mulai percaya bahwa dia sedang berbicara dengan Musk yang asli setelah orang yang dia ajak bicara mengiriminya foto-foto yang tampaknya merupakan identitas Musk dan gambar dirinya di tempat kerja.

“‘Musk’ berbicara tentang anak-anaknya dan tentang naik helikopter untuk bekerja di Tesla atau Space X,” katanya kepada KBS. “Dia juga menjelaskan bahwa dia menghubungi penggemar secara acak.”