Youtube tangguhkan akun pemuda yang kecam invasi Rusia

Pria berusia 37 tahun yang memiliki akun yang diikuti lebih dari 104.000 itu mengalami serangan online berulang dari nasionalis China.

Wang Jixian. Foto Tangkapan layar dari YouTube, OLEKSANDR GIMANOV/AFP/Insider

YouTube menangguhkan akun seorang vlogger China yang mendapatkan ancaman pembunuhan dari warga China setelah memposting tentang kehidupannya di Ukraina.

Wang Jixian, yang tinggal sendirian di Odessa, telah membagikan video hampir setiap hari di mana dia dengan jujur ​​​​berbicara tentang penentangannya terhadap invasi Rusia.

Pria berusia 37 tahun yang memiliki akun yang diikuti lebih dari 104.000 itu mengalami serangan online berulang dari nasionalis China yang menyebutnya pengkhianat karena tidak mengikuti garis resmi Beijing. China tidak mengutuk Rusia atas invasi tersebut, dengan media di sana melukiskan Barat sebagai penjahat.

YouTube memberi tahu Wang bahwa akunnya ditangguhkan karena video 28 Maret yang ditandai karena "konten kekerasan," katanya kepada RFA.

Menurut RFA, video itu termasuk rekaman kota dengan suara rudal yang meledak dan sirene serangan udara yang berbunyi. Di dalamnya, Wang terlihat memasak di dapurnya dan berbagi laporan negara dan media Ukraina tentang perang, kata outlet tersebut.