14,7 juta orang bepergian dengan transportasi umum saat libur Nataru

Jumlah penumpang yang bepergian menggunakan angkutan umum di semua moda transportasi mengalami kenaikan 54,62% dibandingkan tahun lalu.

Pemudik pejalan kaki tujuan pulau Jawa antre memasuki kapal Roro di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (8/6). Antara Foto.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, sekitar 14,72 juta orang akan bepergian di masa libur Natal-Tahun Baru (Nataru) menggunakan angkutan umum. Jumlah penumpang yang bepergian menggunakan angkutan umum di semua moda transportasi mengalami kenaikan 54,62% dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub, sebanyak 44,17 juta orang diprediksi bakal bepergian di masa libur Nataru. Pengguna angkutan umum terbanyak diprediksi, yakni penumpang moda kereta api, sebanyak 5,9 juta orang. Kemudian, diikuti penumpang bus (5,2 juta orang), pesawat (4,8 juta orang), kapal penyeberangan (1,9 juta orang), dan kapal laut (901 ribu orang).

Kendati demikian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, mayoritas orang yang bepergian di masa libur Nataru didominasi oleh pengguna kendaraan pribadi.

"Moda transportasi utama yang digunakan masyarakat akan didominasi oleh mobil pribadi sebanyak 12,4 juta orang atau 28,26%, dan sepeda motor sebanyak 7,2 juta orang atau 16,47%," kata Budi dalam keterangannya pada Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (13/12).

Disampaikan Budi, menindaklanjuti hasil survei tersebut, pihaknya menyiapkan sejumlah hal untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan angkutan Nataru, di antaranya dengan memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi.