2 Konglomerasi dalam pusaran dugaan suap Bupati Mojokerto

Dua konglomerasi di Indonesia berada dalam pusaran dugaan suap Bupati Mojokerto, Jawa Timur, Mustofa Kemal Pasa. Siapa mereka?

KPK menemukan uang sekitar Rp3,7 miliar di rumah orangtua Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa terkait kasus gratifikasi. / Antara Foto

Dua konglomerasi milik tiga konglomerat terkaya di Indonesia berada dalam pusaran dugaan suap Bupati Mojokerto, Jawa Timur, Mustofa Kemal Pasa.

Tiga konglomerat itu adalah pemilik Grup Djarum Michael dan Robert Budi Hartono, serta pemilik Grup Saratoga Edwin Soeryadjaya. Dua konglomerasi raksasa grup milik taipan itu memiliki lini bisnis menara telekomunikasi.

Grup Djarum menggenggam kepemilikan di dalam PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) melalui PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR). Sedangkan, Grup Saratoga menggenggam kepemilikian di dalam PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) melalui PT Wahana Anugrah Sejahtera.

Dua perusahaan menara telekomunikasi Protelindo dan Tower Bersama Infrastructure tersangkut ke dalam pusaran kasus dugaan suap Bupati Mojokerto, Jawa Timur. Dari tangan Bupati, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sebanyak dua kardus dan satu karung.

KPK menemukan uang sekitar Rp3,7 miliar di rumah orangtua Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa terkait kasus gratifikasi.