3 hektare lahan terbakar di Aceh Selatan

Api teridentifikasi berada di Gampong Padang Harapan dan Gampong Baro, Kecamatan Trumon.

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. Foto BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa kawasan Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, Sabtu (23/7). Sekitar 3 hektare lahan terbakar pada insiden tersebut.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, kejadian pertama dilaporkan berlangsung pada Sabtu (23/7) pukul 14.30 WIB. Api teridentifikasi berada di Gampong Padang Harapan dan Gampong Baro, Kecamatan Trumon.

Terkait pemicu karhutla, kata Abdul, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan masih melakukan asesmen terhadap insiden tersebut.

"BPBD melaporkan sekitar 1,5 hektare lahan terbakar. Hingga Minggu (24/7) pagi, belum ada laporan perkembangan situasi titik api di lokasi terdampak," kata Abdul dalam keterangan tertulis, Minggu (24/7).

Kejadian serupa juga terjadi di Gampong Ujong Padang dan Baro, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan Lahan sekitar 1,5 hektare di wilayah tersebut juga terbakar akibat insiden yang terjadi pada Sabtu (23/7) pukul 20.20 WIB.