500 ribu dosis vaksin kembali tiba, Menlu Retno: Terima kasih Australia

Vaksin tersebut merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana dukungan 2,5 juta dosis vaksin Australia.

Kedatangan vaksin tahap ke-34, Selasa (3/8/2021)/Foto Amiriyandi/InfoPublik DJIKP Kemkominfo

Indonesia kembali kedatangan 500 ribu dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca, melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Vaksin tersebut merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana dukungan 2,5 juta dosis vaksin Australia bagi masyarakat Indonesia melalui mekanisme bilateral.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi pun bersyukur. “Alhamdulillah, sore hari ini kita kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis vaksin yang merupakan dose-sharing yang diperoleh dari Pemerintah Australia,” katanya dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin AstraZeneca, Kamis (2/9).

Pemerintah Australia, jelas Menlu, berkomitmen memberikan dukungan pengadaan vaksin bagi Indonesia senilai 77,1 juta Dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF.

“Dukungan kerja sama vaksin ini merupakan salah satu topik bahasan dalam komunikasi saya per telepon beberapa kali dengan Menteri Luar Negeri Australia Ibu Marise Payne, termasuk yang terakhir saya lakukan pada tanggal 7 Juli 2021,” ucapnya.

Atas nama Pemerintah Indonesia, Menlu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan Covid-19. "Thank you, Australia,” ucapnya.