6 titik fokus revitalisasi trotoar di Jakarta

Kelak, trotoar akan dibuat secara lengkap sebagai bagian dari bangunan jalan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merevitalisasi trotoar sepanjang 100 meter yang selama ini digunakan sebagai tempat kuliner oleh 34 pedagang binaan di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan terdapat enam titik yang menjadi fokus revitalisasi fasilitas trotoar di jalanan Jakarta sebelum ke wilayah lainnya.

"Kami sedang revitalisasi trotoar. Untuk saat ini yang utamanya di enam titik yaitu Cikini Raya, Salemba-Kramat, Kemang Raya, Dr Satrio, Latumenten dan Yos Yudarso," kata Hari pada Jumat (6/9).

Hari menyebut semua fasilitas trotoar tersebut dibuat secara lengkap sebagai bagian dari bangunan jalan.

"Semuanya kami buat complete stage. Apa itu? Sebagai jalan udah ideal. Jadi itu ada jalan, ada trotoar, ada guiding line, ada buffer amenities, kemudian ada saluran, jadi semuanya lengkap. Artinya kami juga menata kabel udara, masuk ke dalam," tutur Hari.

Sementara itu, terkait dengan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di atas trotoar, Hari menyebut PKL tidak boleh mengambil alih fungsi trotoar akan tetapi tetap dilihat kondisi trotoar itu sendiri.