83.665 personel dikerahkan untuk amankan vaksinasi

Pengamanan vaksinasi nasional dipastikan dalam pengamanan ketat TNI dan Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers di Bareskrim Polri, Jakarta, pada Kamis (31/12/2020). Foto Divisi Humas Polri

Polri mengerahkan 83.665 personel untuk melakukan pengamanan terhadap vaksinasi Covid-19 secara nasional yang akan dilakukan pada Februari 2021.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, vaksin sudah diamankan sejak datang di Bandara Soekarno Hatta hingga nantinya dilakukan vaksinasi kepada masyarakat di sejumlah titik. Pengamanan tersebut dilakukan bersama dengan TNI.

"Polri melibatkan 83.566 personel yang digelar demi menyukseskan program vaksin nasional tersebut," ujar Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/4).

Menurut Rusdi, Polri akan memastikan vaksinasi nasional berjalan dengan lancar dan aman. Kendati demikian, dia tidak merinci pembagian personel yang dikerahkan di tiap lokasi pendistribusian vaksin. "Mudah-mudahan berjalan dengan baik, dengan lancar dan juga aman," tuturnya.

Untuk diketahui, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Oscar Primadi mengatakan, hingga 5 Desember 2020 sudah ada 12.408 tenaga kesehatan yang dilatih menjadi vaksinator di 21 provinsi.