85.650 guru segera pensiun, Kemendikbud siapkan perekrutan

Jumlah guru yang pensiun akan mencapai puncaknya pada 2022.

Sejumlah siswa SDN 08 duduk di lantai saat belajar di bangunan bekas rumah guru di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (27/2)./ Antara Foto

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan jumlah guru pensiun akan mencapai puncaknya pada 2022. Jumlahnya diperkirakan mencapai 85.650 orang. 

Hal tersebut disampaikan Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, dalam diskusi Forum Merdeka Barat bertajuk "Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Menyongsong Era Industri 4.0" di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

"Berdasarkan data yang ada pada kami, pada 2022 itu akan terjadi puncak guru pensiun terbesar, yaitu 85.650 guru yang akan pensiun," ujarnya.

Besarnya jumlah guru yang pensiun akan berdampak pada terjadinya kekurangan tenaga pengajar. Namun Kemendikbud telah melakukan antisipasi agar hal ini tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar anak-anak seluruh Indonesia.

Menurut Didik, Kemendikbud telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), agar jumlah guru yang tersedia mencukupi kebutuhan. Pemerintah akan membuka perekrutan agar jumlah guru yang tersedia tetap berada dalam jumlah yang proporsional.