Ada 73 narkotika jenis baru yang beredar di Indonesia

Salah satu narkotika jneis baru beredar di Manado, yakni bernama Yaba.

Ilustrasi narkoba. Pixabay

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado mengungkap terdapat 73 narkotika jenis baru telah beredar di indonesia. Salah satunya bernama Yaba. Narkotika jenis baru ini telah beredar di Kota Manado. Karena itu, masyarakat diminta mewaspadainya. Pihak BNN pun saat ini tengah menggencarkan sosialisasi terkait bahaya narkoba tersebut.

“Sekarang ini begitu banyak narkotika jenis baru. Di dunia, bahkan terdapat sekitar 800 jenis narkotika. Sedangkan di Indonesia terdapat sekitar 73 narkotika jenis baru,” kata Kepala BNN Manado, AKBP Eliasar Sopacoly di Manado. 

Eliasar mengatakan, untuk mengantisipasi masuk dan beredarnya narkotika jenis baru itu, pihaknya terus melakukan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat. Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat memiliki pengetahuan narkotika jenis baru itu. Dengan begitu, diharap dapat mencegah masuk serta beredarnya narkotika itu.

Komunikasi Informasi dan edukasi itu tidak dapat dilakukan sendiri tetapi juga melibatkan berbagai pihak seperti media. Sebab narkotika jenis baru itu bukan hanya beredar di kota besar saja, namun juga kota-kota kecil. 

“Jadi, tidak hanya masuk ke Manado saja. "Untuk melakukan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika harus dilakukan secara bersama-sama,” kata Eliasar.