Agar tragedi KM Sinar Bangun tak terulang, pemerintah siapkan 4 kapal untuk Danau Toba

Agar tragedi kecelakaan Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tidak terulang, pemerintah menyiapkan operasional 4 kapal besar untuk Danau Toba.

Sejumlah warga berada di dalam kapal motor saat akan bersandar di Pelabuhan Tigaras untuk membeli bahan kebutuhan, di Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (20/6). Selain kapal Ferry, kapal motor yang mampu mengangkut sekitar 40 orang penumpang tersebut merupakan salah satu alat transportasi yang dapat menghantarkan warga dan wisatawan antar pulau di Danau Toba. / Antara Foto

Agar tragedi kecelakaan Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tidak terulang, pemerintah menyiapkan operasional 4 kapal besar untuk Danau Toba.

Kementerian Perhubungan menyiapkan operasional empat kapal berukuran besar untuk melayani transportasi di perairan Danau Toba, Sumatra Utara.

Usai meninjau penanganan tenggelamnya KM Sinar Bangun di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Kamis malam (21/6), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah membahas masalah operasional kapal di Danau Toba di Kemenko Kemaritiman.

Salah satu keputusan yang diambil adalah penyiapan operasional empat kapal berukuran besar di danau yang dikelilingi tujuh kabupaten tersebut.

Satu kapal dibangun Kementerian Perhubungan yang rencananya akan dioperasikan di sekitar Porsea, Kabupaten Toba Samosir, sedangkan sisanya ditambah ASDP.