Anggota DPR minta skenario pandemi ke endemi disiapkan

Pemerintah telah berhasil mengendalikan dan menurunkan kecepatan penularan Covid-19.

Ilustrasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Alinea.id/Oky Diaz

Kalangan DPR mengapresiasi kinerja pemerintah mengendalikan gelombang ketiga Covid-19 varian Omicron. DPR pun meminta pemerintah menyiapkan skenario peralihan pandemi ke endemi di Tanah Air.

“Apresiasi bagi pemerintah yang berhasil mengendalikan Omicron, penyebab penyebab utama gelombang ketiga Covid-19, yang ditandai tren terus menurunnya laju reproduksi virus di delapan provinsi besar,” kata Anggota Komisi IX DPR Edy Wuryanto kepada wartawan, Rabu (9/3).

Dia menilai pemerintah telah berhasil mengendalikan dan menurunkan kecepatan penularan Covid-19. “Ditandai angka harian yang terus menurun, yang dirawat di rumah sakit terus menurun,” katanya.

Sementara itu, tingkat kesembuhannya meningkat. “Jika angka-angka itu konsisten turun, dan vaksinasi pertama dan kedua mencapai 70%, pemerintah segera menyiapkan skenario pandemi ke endemi secara bertahap agar pemulihan ekonomi segera terjadi,”ungkapnya.

Selain itu, kedisiplinan terhadap protokol kesehatan tetap harus terus dilakukan. “Dan vaksin pada kelompok lansia, komorbid, anak-anak, dan vaksin booster terus ditingkatkan,” pungkasnya.