Anies ubah pola pengambilan keputusan di Pemprov DKI?

Mantan Menteri Pendidikan itu, berencana mengubah pola pengambilan keputusan di lingkungan Pemprov DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./AntaraFoto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluhkan keberanian anak buahnya untuk mengambil keputusan atau mengeksekusi program secara mandiri.

Sejauh ini, berbagai macam kebijakan harus diputuskan oleh Gubernur. Anies menyebut karakter tersebut telah menahun terjadi hingga menjadi budaya di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini sesuatu yang bukan kejadian seperti tiga atau lima tahun terakhir, tapi ini lebih dari sebuah budaya," ujarnya disela kegiatannya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (6/12).

Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebenarnya memiliki kewenangan atas kebijakannya masing-masing yang dapat diputuskan pejabat eselon II (Kepala Dinas). Oleh karenanya tidak semua kebijakan harus didelegasikan kepadanya.

Itulah sebabnya mantan Menteri Pendidikan itu, berencana mengubah pola pengambilan keputusan di lingkungan Pemprov DKI. Hanya saja Anies tak merinci secara spesifik seperti apa pola pengambilan keputusan yang akan diubah. Ia hanya menjelaskan sejumlah kewenangan akan diatur polanya agar lebih intensif.