Aparat keamanan awasi pelaksanaan protokol kesehatan di mal

Personel Polri juga menertibkan jalan sekitar mal untuk mencegah terjadinya kemacetan.

Pegawai swalayan Carrefour menunjukkan poster sebelum ditempelkan di BG Junction, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/5/2020). Foto Antara/Didik Suhartono/foc.

Aparat keamanan yang terdiri dari Polri, TNI, dan Satpol PP akan menjaga setiap mal di Jakarta yang mulai dibuka hari ini. Salah satu tujuannya adalah melakukan pengawasan kepada pengunjung agar  tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, menuturkan, penjagaan dilakukan di bagian dalam dan luar mal.

"Untuk memastikan protokol kesehatan. Mulai dari pakai masker sampai dengan menghindari kerumunan. Penjagaan dilakukan dengan persuasif dan humanis," kata Yusri saat dikonfirmasi, Senin (15/6).

Jumlah personel tiap mal berbeda-beda sesuai analisa tiap polres. Oleh karenanya, ia belum dapat merinci jumlah personel.

Selain penjagaan untuk memastikan protokol kesehatan, Polri juga menempatkan personel lalu lintas di jalan sekitar mal. Personel itu akan mengatur arus lalu lintas untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan agar tak terjadi kemacetan.