Bamsoet: Usut jaringan pejabat pemasok senjata ke KKB!

Bamsoet menyebut, penangkapan Kepala Distrik Kenyam Papua membuktikan adanya pejabat yang mendukung KKB.

Ilustrasi. Foto Pixabay

Ketua MPR RI Bambang Soesetyo angkat bicara atas penangkapan Kepala Distrik Kenyam Papua sebagai simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Dalam kasus ini, pejabat tersebut turut membantu memasok persenjataan. 

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet itu, penangkapan Kepala Distrik Kenyam Papua membuktikan dugaan adanya keterlibatan para pejabat institusi daerah dengan aktivisme bersama KKB.

“Saya meminta agar Satgas Operasi Damai Cartenz bersama aparat gabungan melakukan investigasi lebih lanjut guna membongkar jaringan hingga oknum pemasok persenjataan lainnya,” kata Bamsoet dalam rilis tertulis, Jumat (5/5).

Bamsoet juga meminta Polda Papua tetap mengusut keterlibatan para pejabat institusi daerah yang terlibat membantu memasok persenjataan untuk kelompok separatisme. Sehingga, dapat dibuktikan dan diketahui secara jelas motif serta latar belakang juga pelaku intelektual yang terlibat.

Menurut Bamsoet, aparat harus terus menggali informasi, mulai dari sumber dana hingga aktivitas transaksi keuangan dari terduga pelaku yang diamankan. Sehingga, diharapkan dengan pendalaman tersebut, seluruh pelaku maupun jaringan yang terlibat membantu memasok persenjataan KKB dapat segera diungkap dan ditangkap.