Bantu kelompok bersenjata Papua, warga Polandia ditangkap

Tersangka Jakub juga meliput dan menyebarkan informasi seputar aktivitas kelompok bersenjata Papua.

(Ilustrasi) Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Wijonarko (tengah) didampingi jajarannya memperlihatkan barang bukti kasus pencurian dengan pemberatan rumah kosong saat menggelar rilis, di Mapolres Metro Bekasi Kota, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (31/8)./Antara Foto

Mabes Polri membenarkan adanya salah satu warga negara Polandia bernama Jakub Fabian Skrzypski (29), yang ditangkap karena terlibat dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Jakub ditetapkan sebagai tersangka, karena memberikan bantuan dalam penyediaan senjata kepada KKB.

“Pelaku JF, dari hasil pemeriksaan lanjutan, yang bersangkutan itu ternyata sudah cukup kenal lama oleh kelompok KKB yang ada di Jayapura maupun Timika,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Humas Mabes Polri, Rabu (12/9).

Selain Jakub, terdapat empat warga negara Indonesia yang juga dijadikan tersangka karena membantu aktivitas KKB. Adapun kontribusi Jakub terhadap KKB Papua, kata Dedi, terjadi sudah cukup lama.

Jakub sebenarnya belum terbukti menyuplai senjata bagi KKB Papua. Namun dia dipercaya untuk mendistribusikan senjata kepada para anggota KKB yang ada di wilayah pelosok Papua. 

Selain senjata, Jakub juga menyediakan pasokan makanan kepada para anggota KKB yang berada di bukit, hutan, dan lembah. Aktivitas tersebut sudah dilakukan sejak Juli 2018 lalu, meskipun tidak dalam kondisi menetap di Indonesia.